Alamat

Jl. Raya Panglegur KM.4 Pamekasan

Telp./WA

+62 324 322551

Email

es@iainmadura.ac.id

Disiplin, Kunci Kesuksesan Belajar

  • Diposting Oleh Admin Web Prodi ES
  • Kamis, 25 Januari 2024
  • Bagikan ke

Oleh: Dr. Farid Firmansyah, MM

Disiplin merupakan faktor yang sangat penting dalam menuntut ilmu. Dalam konteks akademik, disiplin dapat diartikan sebagai kemampuan individu untuk mematuhi aturan, menjaga konsistensi dalam belajar, dan melaksanakan tanggung jawab mereka terhadap proses pembelajaran.

Seorang mahasiswa yang disiplin memiliki kecenderungan untuk mengatur waktu dengan baik, memprioritaskan tugas-tugas akademik, dan menghindari gangguan yang dapat menghambat produktivitas mereka. Mereka mengikuti jadwal kuliah, menghadiri seminar atau lokakarya yang relevan, serta melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dengan penuh komitmen.

Selain itu, seorang mahasiswa yang disiplin juga menjaga kualitas kerja mereka. Mereka tidak hanya menyelesaikan tugas dengan waktu yang tepat, tetapi juga memberikan hasil yang berkualitas. Mereka menghabiskan waktu yang cukup untuk meneliti, membaca, dan memahami materi yang diajarkan. Mereka juga aktif dalam berdiskusi dengan rekan mahasiswa dan mengajukan pertanyaan kepada dosen untuk memperdalam pemahaman mereka.

Disiplin dalam menuntut ilmu juga melibatkan kemampuan untuk mengatur diri sendiri. Mahasiswa yang disiplin mengendalikan diri mereka sendiri dan tidak mengandalkan motivasi eksternal untuk belajar atau menyelesaikan tugas. Mereka sadar bahwa tanggung jawab mereka terhadap pembelajaran adalah milik mereka sendiri, dan mereka bertanggung jawab atas kesuksesan akademik mereka sendiri.

Selain itu, disiplin dalam menuntut ilmu juga berkaitan dengan etika akademik. Mahasiswa yang disiplin tidak melakukan kecurangan, seperti menjiplak atau menyalin tugas orang lain. Mereka memiliki integritas dan menghormati hak kekayaan intelektual orang lain. Mereka juga mengikuti aturan yang diberlakukan oleh institusi akademik dalam hal identifikasi sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan akademik mereka.

Dalam rangka untuk menjadi mahasiswa yang berdisiplin, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, penting untuk mengatur jadwal belajar yang konsisten dan realistis. Mahasiswa harus menentukan waktu khusus untuk belajar, membaca, menyelesaikan tugas, dan mereview materi yang sudah dipelajari. Kedua, menghindari gangguan dan memfokuskan diri pada tugas-tugas akademik. Mengatur lingkungan belajar yang tenang dan bebas gangguan juga merupakan hal yang penting. Ketiga, memanfaatkan sumber daya yang tersedia, seperti perpustakaan, laboratorium, atau fasilitas lainnya yang dapat membantu penelitian dan pembelajaran. Terakhir, berinteraksi dengan rekan mahasiswa dan dosen, karena diskusi dan berbagi pengetahuan dengan orang lain dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman akademik.

Dalam kesimpulan, disiplin dalam menuntut ilmu adalah faktor penting dalam mencapai sukses akademik. Mahasiswa yang disiplin mampu mengatur waktu dan mengendalikan diri mereka sendiri, menjaga kualitas kerja mereka, dan mengikuti etika akademik. Dengan adanya disiplin, mahasiswa dapat mencapai tujuan akademik mereka dengan lebih efektif dan efisien